Cara Defrag Untuk Hard Disk Komputer Dan Laptop Windows 7

Cara Defrag Windows 7 Untuk Hard Disk Komputer Dan Laptop-Hai sobat, bagi Anda yang ingin komputer atau laptop Anda bekerja optimal, atau memiliki kecepatan yang maksimal, maka salah satu caranya adalah dengan melakukan defrag di komputer atau laptop Anda yang menggunakan sistem operasi windows.

Pengertian defrag adalah, suatu kegiatan untuk merapikan file-file yang tersimpan di dalam hard disk. Jadi bahasa gampangnya, data di dalam hard disk itu berserakan dan tidak teratur. Jika demikian, ini akan memperlambat pengambilan/mengakses data tersebut yang dilakukan oleh hard disk. Data yang berantakan, jika tidak segera dirapikan dengan cara defrag maka bisa memperlambat kinerja dari hard disk, yang pada akhirnya memperlambat kinerja komputer itu sendiri.

Pentingnya melakukan defrag komputer 

Seberapa pentingkah melakukan defrag komputer itu? Jawabannya adalah sangat penting. Mengingat setiap hari kita pasti berhubungan dengan filekomputer. Jadi misalnya Anda mengakses komputer, memindah file, menginstal aplikasi, menggandakan file, maka itu semua akan ditempatkan di ruang tersendiri di dalam hard disk.

Nah, saat kita menghapus file atau memindahkannya di tempat lain, maka saat itulah sebagian ruang yang diisi file tadi menjadi kosong. Sementara ruang di samping kiri kanan masih ada filenya. Inilah yang perlu kita rapikan. Sebab dengan banyaknya ruang kosong yang tidak terpakai, akan menyita banyak waktu bagi  hard disk untuk mengakses file Anda. Ya karena logikanya hard disk masih perlu melewati ruang yang kosong-kosong tersebut untuk mencari data yang diinginkan, yang ternyata berada pada ruang selanjutnya yang lebih jauh.

Ruang kosong tersebutlah yang akan diisi dengan file yang terlalu jauh, agar merapat. Sehingga dengan ini akan memudahkan dan mempercepat hard disk untuk membaca sebuah file.

Cara Defrag Windows 7

Karena tema artikel ini adalah defrag komputer windows 7, berarti saya akan mengajarkan kepada Anda khusus untuk windows 7 saja. Dan tutorial ini menggunakan software defrag komputer bawaan windows 7 lo sobat. Artinya tidak memerlukan aplikasi lain lagi.
Tapi sebelum melakukan defrag, sangat dianjurkan untuk menutup semua program aplikasi yang berjalan di komputer. Setelah itu, ikuti saja langkahnya di bawah ini.

1. Munculkan aplikasi defragment windows 7 dengan cara klik tombol start yang ada di kiri bawah komputer Anda, kemudian klik All program, kemudian klik folder accessories, kemudian pilih folder sistem tools, dan setelah itu klik pada aplikasi Disk Defragmenter.

cara defrag windows 7

2. Setelah itu akan muncul tampilan aplikasi defrag seperti ini. klik/pilih partisi mana yang ingin Anda defrag. Selanjutnya, klik dulu tombol ANALYZE DISK untuk mengecek partisi hard disk tersebut. Jika misalnya hasil dari partisi tersebut sekian persen defragmented, silahkan defrag saja dengan klik tombol DEFRAGMENT DISK.

software defrag

3. Akan ada proses defragmen yang memerlukan waktu cukup lama. Tentu tergantung seberapa besar kapasitas dari partisi Anda, dan seberapa banyak data di dalamnya. Tunggulah sampai proses selesai. Kalau sudah selesai dan hasilnya menunjukkan 0% klik tombol CLOSE. Dengan demikian, Anda berhasil mendefrag hard disk Anda.

Tips: Lakukan defrak pada komputer atau laptop Anda paling tidak sebulan sekali. Tidak perlu terlalu sering juga kok. Tapi jangan juga terlalu lama. Sebab defrag hard disk itu sangat penting.

Demikian tulisan saya tentang cara defrag komputer dan laptop windows 7, semoga berguna ya sobatku..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon